Kebenaran yang terungkap

Kehidupan ini berjalan seiring kita menyimpan setiap rahasia kita masing masing. Namun apa jadinya jika alasan kita utk menyimpan rahasia itu membuat anggota keluarga kita tdk mengerti akan perubahan dan kemerosotan keharmonisan keluarga besar kita ?
Seumur hidupku sampai sekarang, aku selalu mencari cari alasan yg tdk disampaikan itu. Bahkan hal itu yg membuatku tdk betah berada di rumah keluarga mereka.
Cara mereka yang aneh dan kurang pantas ternyata adalah buah dari kesalahan kesalahan masa lalu mereka yang mereka coba untuk tidak membahasnya entah karena mungkin mereka tdk sanggup untuk memecahkannya atau karena itu terlalu menyakiti hati mereka saat membahasnya.
Namun kini akhirnya penyebab dari ketidaknyamanan saat berada di keluarga besar ini pun sudah aku pahami. Akan kugunakan bekal dan informasi ini sebagai pengingat kepada diriku sendiri di masa depan untuk tidak terjatuh kedalam kesalahan yang sama seperti yang sudah mereka lalui.
Sebagai keluarga, hubungan antar kami sangat tidak nyaman, setidaknya itu yang saya rasakan selama ini, hingga aku sadari penyebabnya saat aku berada di Brunei Darussalam selama 2 tahun lebih untuk bekerja sebagai TKI.
Disanalah aku menemukan alasan kenapa sikap sikap saudaraku seperti itu. Dan hal itu membuatku terhenti seketika, seakan tersadar bahwa ketersesatan yang waktu itu aku nikmati dalam rangka mencari hiburan sesat sesaat itulah yang telah dinikmati saudara kandungku sehingga membuat perilaku mereka tdk kukenali lagi.
Sangat ironis memang, saat aku berusaha lari seumur hidup dr kenangan keluarga yg tidak menyenangkan, justru aku menemukan alasannya yg membuat semua hal itu dimulai.
Kini benar benar kusadari dan kubersyukur atas ini semua, yang membuatku sadar bahwa hal sesat dan barang haram yang kunikmati saat itu adalah hal yang benar benar bisa menghancurkan sebuah tatanan keluarga, dimana seharusnya seorang ayah yg harusnya memberikan berbagai nasehat bijak namun dia lalai memberikannya, dimana seharusnya seorang kakak memberikan uluran kasih dan bantuan dalam proses pencarian jati diri adiknya namun dia seakan masa bodoh akan adiknya.
Jauhilah barang haram, barang terlarang apapun jenisnya. Karena sungguh barang itu sesuai dengan namanya sangat merusak diri dan keluargamu meski kau tidak menyadarinya, akan ada orang di keluargamu yang sangat menderita akan abaian dan perubahan perilaku kalian.

Unknown

Seorang opportunis namun realistis. Seorang dreamer tapi bukan heartbreaker (lagi). Seorang gamer yang kadang masih suka keder megang stik kontroller.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar