Tips packing sebelum travelling

travelling tidak melulu soal bersenang senang. travelling yang dalam bahasa kasarnya berarti berpindah tempat, bisa dalam rangka kerja, edukasi ataupun berbagai macam alasan yang bisa mendasari seseorang tersebut berpindah tempat. apapun tujuan kita melakukan travelling, pada dasarnya kita akan mempersiapkan diri maupun persiapan barang bawaan. nah berikut tips untuk kita semua yang ingin melakukan travelling. persiapkan segala sesuatunya secermat dan teliti mungkin, agar tidak terdapat permasalahan di tempat tujuan maupun dalam perjalanan kita. 

  • berkemaslah seperti halnya kita akan kehilangan barang tersebut (koper / tas). tinggalkan barang permanen yang akan aman ditinggalkan (jika kita ingin kembali ke tempat tsb), jangan tinggalkan barang yang kita akan sesali akan kehilangan barang tersebut secara materi maupun emosional. bawalah barang essensialmu bersamamu (HP, Laptop, Camera) jika memang perlu.
  • tidak ada tempat tujuan yang lebih buruk daripada tempat yang tidak ada bantalnya. bawalah setidaknya sarung bantal dr rumah, setidaknya kita bisa mengisinya dengan tumpukan pakaian dr koper atau ransel anda. karena memang kita semua butuh istirahat saat melakukan travelling dlm jangka waktu yg tergolong tidak sebentar. 
  • kita pasti akan melupakan sesuatu. entah itu barang kecil yang tidak berarti atau justru barang kecil yang sangat bernilai bagi kita secara materi maupun secara history memori nya. hanya ada satu cara utk mengantisipasinya yaitu cek secara berkala. dan semoga itu bukanlah passport kita (atau bahkan partner hidup kita, lol)
  • berikan sentuhan ciri khas pada koper atau ransel kita agar kita mudah mengenalinya, dan agar tidak tertukar dengan milik orang lain secara disengaja orang lain ataupun tidak. misalnya dengan mengikat koper kita dengan tali / sabuk koper berwarna cerah.
  • bawalah sebuah buku catatan/notebook. seberapa pun kita percaya dengan kemampuan menyimpan memori otak kita, percayalah kita pasti akan melupkakan sesuatu suatu saat nanti, terutama saat kita berada dalam kondisi unpredictable, for excample.. even we wish would not to.
  • periksa dan cek dengan penyedia fasilitas di tempat kita menginap atau tempat tujuan kita, sebelum kita memutuskan untuk membeli barang yg mungkin sudah akan disediakan gratis oleh mereka, seperti sabun, pasta gigi, pisau cukur, dll.
  • saat kita berkemas untuk perjalanan berikutnya, pastikan mengecek ulang lagi bahwa kita telah mengembalikan sesuai pada tempat semula, semisal mengembalikan memory card di dalam camera digital kita. kan tidak lucu juga kita jauh jauh ke negara orang menyeberangi lautan ribuan kilometer hanya untuk membuat kita ingat bahwa kita lupa memasukan mmc balik ke slot nya.
  • selalu bawa korek api, meskipun anda tidak merokok. namun pasti kita akan membutuhkan korek api untuk berbagai hal. seperti mensterilkan ujung jarum, menyalakan lilin, menyulut ujung kabel, dsb. namun pastikan kita tidak menaruhnya di dalam tas hand carry saat naik pesawat.
  • dengan semua barang elektronik dan gadget yang kita punyai di zaman sekarang, meng-charge nya pasti akan membutuhkan berbagai bentuk charger dan plug (colokan listrik). untuk mempersiapkan ini, bawalah universal plug yang beroutput lebih dari 3 jenis agar lebih ringkas. sesuaikan dengan tegangan output dan spesifikasi gadget anda tentunya.
  • jika kita bepergian dan tempat singgah kita bukanlah hotel atau penginapan berstandart, bawalah kopi, susu bubuk, teh dan gula dalam satu paket. tuan rumah tempat kita singgah akan bersedia menyediakan air panas utk kita. yah minimal kita tdk merasa terlalu merepotkan mereka lah. sudah minta air, minta teh, gula pula. gatau diri banget kan ya. cukup berikan keterangan dg jelas apa bubuk putih itu di custom bandara.
  • selalulah membawa topi. untuk menjaga kepala kita tidak terlalu kepanasan maupun tidak terlalu kedinginan dan kebasahan saat hujan. atau justru untuk menyembunyikan rambut berantakan kita.
  • menyimpan gambar / meng-scan paspor, sim, kartu atm / debit / kredit, ktp atau tanda pengenal lainnya dan asuransi jika ada. lalu uplod ke storage cloud kita, atau cukup emailkan ke alamat email kita sendiri. sehingga kita tetap mempunyai akses ke salinan benda2 tsb.
  • tulis nomor nomor telepon penting dlm hidup kita, telepon rumah, nomor telepon bank, asuransi, kedutaan besar, dll dalam kertas dan sembunyikan dalam tempat yg aman. kita tdk akan pernah menyesal melakukannya, namun mungkin kita akan menyesal besar tdk melakukannya. 
  • untuk perjalanan yg akan banyak mengharuskan kita berjalan, pastikan bawa perbekalan utk merawat cedera kaki. perban, obat merah, dll. akan pasti sangat membantu kita berjalan menempuh beberapa kilometer lagi.
  • carilah sabun yg konsentrat atau pekat utk sekaligus bisa digunakan utk tubuh dan rambut kepala, bahkan kita bisa menggunakannya utk mencuci pakaian kita. sehingga akan menghemat ruang dalam tas atau koper kita.

Unknown

Seorang opportunis namun realistis. Seorang dreamer tapi bukan heartbreaker (lagi). Seorang gamer yang kadang masih suka keder megang stik kontroller.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar