5 hal sederhana untuk awal gaya hidup sehat anda

Sehat. Siapa sih ya guys yang tidak kepingin mempunyai badan yang sehat yang selalu bisa diandalkan dalam aktifitas produktif kita sehari hari. Kesehatan yang mulai menurun tentu akan menjadi halangan untuk kita bekerja dengan baik, entah itu pekerjaan fisik atau bahkan pekerjaan yang menuntut lebih banyak pikiran produktif kita.

Gaya hidup sehat seharusnya telah kita amalkan sejak awal, tanpa menunggu badan kita merasakan sakit ataupun menurunnya kesehatan yang disebabkan kelelahan dan stres yang berkepanjangan. Karena selain memang perlu, menjaga kesehatan adalah suatu bentuk tanggung jawab kewajiban kita sebagai manusia yang telah dianugerahi tubuh ini.


Berikut 5 hal sederhana buat kita untuk memulai kembali gaya hidup sehat yang mungkin telah kita lupakan untuk kita lakukan :

1. Menjaga asupan gula.
Hampir semua orang pasti menyukai rasa manis dalam minuman ataupun makanan ringan yang kita makan sehari hari. Meskipun bukan tidak mungkin kita memiliki aktifitas padat yang jauh lebih membutuhkan asupan gula dalam setiap sajian makanan / minuman kita, namun lebih baik jika kita bisa membatasinya karena asupan gula yang berlebih bisa mengakibatkan penumpukan cadangan kalori yang oleh tubuh akan disimpan dalam lemak, dan jika sudah waktunya tiba, tanpa kita sadari akan menjadi pemicu obesitas dan berbagai penyakit akan bersarang di dalam orang yang berat badannya berlebih.

2. Makan siang dengan menu sayuran.
Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa sayuran adalah makanan sehat untuk dikonsumsi oleh manusia dari berbagai kalangan umur. Dan dari berbagai jenis sayuran, yanng paling banyak bermanfaat bagi tubuh kita adalah sayuran hijau. Di dalam sayuran hijau terdapat klorofil yang bermanfaat unutk kesehatan pencernaan kita serta berfungsi sebagai agent anti kanker. Namun juga perlu di imbangi dengan pilihan berbagai jenis sayuran berwarna cerah lainnya. Sayuran yang berwarna cerah banyak mengandung betacaroten dan berbagai vitamin esensial juga tentunya.

3. Ganti minyak goreng dengan minyak zaitun.
berdasarkan artikel yang pernah saya baca, mengganti minyak kelapa sawit dengan minyak zaitun (olive oil) atau minyak biji bunga matahari, merupakan solusi sehat untuk mengurangi dampak buruk penumpukan lemak dalam tubuh. Pilihlah minyak zaitun kualitas baik yang tidak banyak dicampuri bahan bahan kimia pengemulsi lainnya. Makanan yang dimasak dengan ditumis lebih sehat daripada yang digoreng, apalagi secara deep-fried.

4. Meditasi
Mungkin sebagian dari kita jika mendengar kata meditasi akan langsung teringat seorang biksu yang menyilakan kakinya ditengah perjalanan mencari kitab suci di barat sana. Kalian terlalu imajinatif kawan, meditasi di sini bukan hanya meditasi seperti yang biksu itu lakukan. Bagi kita seorang muslim, kita justru dikaruniai sejenis meditasi terhebat dari tuhan kita, yaitu shalat 5 waktu. Apabila kita bisa menjalani dan melaksanakan shalat secara tepat dan khusyu' kita pasti bisa merasakan hal hal yang baik sedang terjadi dalam tubuh dan mental kita. Di dalam shalat terdapat berbagai macam gerakan untuk latihan otot dan persendian, dan bahkan bacaannya bisa melatih pernafasan dan denyut jantung kita kembali normal. Dan efek medis yang kita rasakan adalah berkurangnya stress, rasa cemas dan tekanan darah tinggi.

5. Tidur dan bangun tepat waktu
Ini adalah faktor pemicu perubahan mood dan dalam setiap hari yang kita jalani dan erat kaitannya kita sebagai seorang muslim dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Seorang muslim yang baik pasti tidak pernah meninggalkan shalatnya. Ada 2 waktu shalat yang akan menjaga kita tetap tepat waktu dalam rutinitas, serta menjaga tubuh tetap pada keseimbangannya yaitu shalat shubuh dan shalat 'ashar. Begitu banyak manfaat shalat dalam kehidupan kita ini, mulai dari sekarang mari perbaiki kesehatan kita bersama dimulai dari terus menjaga konsistensi shalat 5 waktu kita.

Fuad hahihu

Seorang opportunis namun realistis. Seorang dreamer tapi bukan heartbreaker (lagi). Seorang gamer yang kadang masih suka keder megang stik kontroller.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar