Tips Lolos dari Jeratan Utang

Berutang tanpa disadari banyak orang telah menjadi suatu gaya hidup. Maka tak heran di zaman sekarang ini banyak keluarga muda yang terlilit utang.

Runyamnya, utang yang mereka miliki adalah utang konsumtif, yaitu utang yang digunakan untuk membeli barang-barang konsumsi.

Untuk dapat lolos dari jeratan utang, sebetulnya ada banyak cara yang dapat Anda lakukan. Coba simak saja tip-tip berikut ini, dan terapkan segera.

Bunga tinggi. 

Bayar utang Anda yang memiliki bunga tinggi terlebih dahulu agar dapat lolos dari jeratan utang. Kartu kredit adalah salah satu utang konsumtif yang mempunyai bunga sangat tinggi, yaitu di atas tiga persen per bulan atau mencapai 36 persen per tahun. Bandingkan dengan bunga tabungan atau deposito yang hanya berkisar 6-9 persen per tahun.

Perhatikan biaya-biaya. 

Pada saat utang sudah membuncah, agar dapat dapat lolos dari jeratan utang, telusuri kembali tagihan-tagihan Anda dan cari tahu mana yang membebani dengan biaya-biaya paling tinggi. Amati dengan saksama untuk apa saja biaya-biaya tersebut, karena kerap kali Anda sebetulnya tidak memerlukan tambahan biaya tersebut. Begitu sudah mendapatkan rincian biaya, usahakan untuk menghentikan kemunculan biaya-biaya yang dirasa tidak perlu.

Gaya hidup. 

Tak dapat dipungkiri, gaya hidup Anda memengaruhi pengeluaran Anda. Coba tengok kembali gaya hidup Anda agar dapat menata kembali keuangan dan menyelesaikan utang. Gaya hidup hemat bukan berarti harus hidup kere dan pelit, tetapi cenderung ke gaya hidup cerdas dan cermat. Kuncinya tentu terletak pada komitmen, dan begitu komitmen Anda kuat, maka rasa nyaman akan muncul. Dari situ sikap kreatif – yang bisa dinikmati – akan segera muncul, dan Anda pun dapat lolos dari jeratan utang.

Penghasilan tambahan. 

Bayangkan ini: pengeluaran bulanan Anda menurun, biaya-biaya tak perlu sudah hilang, utang dengan bunga tinggi lunas, namun penghasilan Anda justru bertambah. Wow, luar biasa menyenangkan. Eits, tetap ingat bahwa masih ada utang bunga rendah yang harus dibayar supaya dapat lolos dari jeratan utang, dan dana darurat yang harus disiapkan. Mendapatkan penghasilan tambahan sangat penting, namun yang terpenting adalah perilaku keuangan Anda harus selalu pro menabung dan pro investasi.

*) taken from : redersdigest

Fuad Amaterasu

Seorang opportunis namun realistis. Seorang dreamer tapi bukan heartbreaker (lagi). Seorang gamer yang kadang masih suka keder megang stik kontroller.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar