Cara Mengetahui Dead Pixel Pada Layar Tablet Dan Smartphone

Sebelum membeli Android smartphone ataupun jenis tablet terlebih dahulu kita harus mengetahui kondisinya bagus atau sudah ada yang cacat. Walaupun stoknya baru dari produsen tetap kita harus mengeceknya agar bisa ditukar dengan yang baru. Lebih baik teliti dulu sebelum membeli sebelum menyesal karena setelah dibawa pulang ke rumah ada dead pixel ataupun cacat yang lainnya.



  1. Cek dulu kelengkapan semisal charger, headset, kartu garansi, dan jika memakai micro SIM minta tolong kartu SIM card yang lama dipotongin. Atau lebih baik pakai saja kartu baru karena sekarang kebanyakan sudah memakai microSIM. 
  2. Cek performa smartphone/tablet apakah lancar atau ternyata lag saat membuka beberapa aplikasi bawaan. 
  3. Tutup lensa kamera dengan jari tangan sehingga tidak ada cahaya yang masuk kemudian potret dan liat hasilnya. Biasanya jika ada dead pixel ada titik warna berarti ada dead pixel, jika tidak ada alias gelap semua berarti tidak ada dead pixel. 
  4. Cara yang lain dengan mengetik *#*#7378423#*#* nanti akan keluar aplikasi untuk cek dead pixel. 
  5. Jika sudah bisa terkoneksi ke internet bisa search di Market Place dengan kata kunci “dead pixel” tanpa tanda kutip dan pilih salah satu aplikasi dan jalankan. 
  6. Ada satu lagi yang bernama bright pixel dimana layar contrast harus diset paling cerah. Test dengan mengetik *#*#7378423#*#* kemudian tes display pilih yang berwarna hitam, jika nanti ada titik putih cerah berarti ada bright pixel. Untuk mengetahui bright pixel agak susah dengan cara ini karena kadang tidak keliatan. 
  7. Ada lagi cara terakhir untuk mengecek bright pixel yaitu dengan mematikan ponsel kemudian dicharge. Cek layar dengan cara ditutupi kedua tangan kemudian diintip, yang paling bagus sih dicharge di ruangan gelap. Biasanya pasti keliatan kalo memang ada bright pixel. 
  8. Periksa juga sudut-sudut layar karena daerah sudut luput dari pengecekan. 


Demikian 8 macam cara mudah untuk mengetahui dead pixel dan bright pixel pada layar smartphone maupun tablet android, semoga bermanfaat untuk anda semua.

Fuad hahihu

Seorang opportunis namun realistis. Seorang dreamer tapi bukan heartbreaker (lagi). Seorang gamer yang kadang masih suka keder megang stik kontroller.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar