Belajar Membuat Animasi Sederhana Menggunakan Adobe ImageReady™

Kalian mungkin juga sering bertanya – tanya bagaimana caranya membuat semisal gambar animasi yang biasanya kalian lihat di layar hp kalian dengan format .gif . Nah kali ini saya juga sedang mempelajari cara – caranya. Berhubung experimen ini saya lakukan pada saat waktu luang di jam kerja, jadi ya cuman sedikit saja yang sampai saat ini saya kuasai. Mohon bantuan ya agar aku bisa lebih mahir lagi.
Menurut saya, Adobe ImageReady™ adalah salah satu produk dari Adobe™ yang mempunyai karakteristik hampir sama dengan Adobe Photoshop™ (karena masih saudara kandung) . Di dalamnya bisa kalian temukan tampilan yang cukup familiar bagi kalian para pengguna Photoshop. 

 
  • Tekan Ctrl + N pada keyboard kalian dan akan muncul kanvas baru. Dan lakukan pengaturan sesuai ukuran yang kalian inginkan.



  • Masukkan gambar background pada kanvas kalian biar tidak terkesan kosong (optional) 
  • Pilih elips tool dan buatlah elips kecil yang selanjutnya akan kita pergunakan untuk kita beri animasi. Dan layer barupun akan otomatis muncul di atas layer background yang tadi kita masukkan


  • Pada palet animation, klik tombol dupplicates current frame yang bertujuan untuk meng-copy skema awal slide animasi yang akan digunakan sampai akhir slide.


  • Pilih slide / frame 2 dan geser elips yang kita buat tadi kearah mana saja yang diinginkan.
  • Pilih frame 1 dan frame 2 lalu kemudian klik tombol tween untuk memperbanyaknya menjadi frame – frame animasi lainnya. Semakin banyak frame copy-an yang dibuat, maka akan semakin halus pergerakan animasi kita namun akan semakin lambat.
 
  • Nah, sekarang animasi yang sangat sederhana kita sudah bisa bergerak dan tidak cuman diam membisu (0_o)”
  • Klik tombol play/stops animation atau tekan huruf Y pada keyboard kalian untuk mem-previewnya


Lakukan penambahan frame / slide animasi sesuai dengan keinginan kalian. Dan sekarang sudah bisa untuk kita simpan sebagai file .gif dengan menekan Ctrl + Shift + Alt + S pada keyboard kalian. Atau bila ingin menjadikannya file flash .swf bisa dengan memilih menu File > export > Macromedia®Flash™ SWF.

Fuad Amaterasu

Seorang opportunis namun realistis. Seorang dreamer tapi bukan heartbreaker (lagi). Seorang gamer yang kadang masih suka keder megang stik kontroller.

1 komentar:

  1. Hari nie dah tiga kali saya cuba buka blog nie.

    . rasa cam server error ja .. harap boleh
    di baikki .. ramai yg tunggu penulisan baru dari awak

    Visit my web blog Buat Duit Di Rumah

    BalasHapus