RatCar : Mobil Yang Dikendalikan Tikus

Robot telah menjadi bagian utama dari struktur budaya Jepang. Terbukti bahwa robot-robot di Jepang sudah banyak membantu membersihkan rumah, membeli bahan makanan, sampe menjaga para lansia.

Tapi sebuah tim peneliti di Universitas Tokyo membawa pemahaman tentang teknologi robot ini selangkah lebih maju - sekarang mereka membuat robot yang bisa dikendalikan oleh binatang.


tikus jepang


RatCar adalah sebuah mobil mini yang menggunakan sinyal saraf otak tikus untuk mengontrol fungsinya. Jika si tikus berpikir mau ke kanan, maka mobilnya akan bergerak ke kanan. Jika si tikus berpikir mau ke kiri, maka mobilnya akan bergerak ke kiri.


Meskipun teknologi aneh ini masih jauh dari sempurna (mobilnya sering gak jalan jalan) tapi ide Osamu Fukayama dan rekannya tersebut bisa dibilang cukup menjanjikan. Bayangkan jika suatu hari nanti orang-orang cacat yang tidak bisa menggerakkan anggota tubuhnya, ternyata bisa mengemudikan kendaraan pribadinya hanya dengan kekuatan pikiran.

Di satu sisi teknologi ini pasti banyak membantu orang, tapi di sisi lain menyeramkan juga ya?

pikiran yang menyeramkan

Fuad hahihu

Seorang opportunis namun realistis. Seorang dreamer tapi bukan heartbreaker (lagi). Seorang gamer yang kadang masih suka keder megang stik kontroller.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar