Nibiru dan Kiamat 2012: Tanya Jawab dengan David Morrison (Bagian 2) – Netsains.Com

Cerita tentang planet fiksi Nibiru dan kiamat Desember 2012 telah booming di berbagai media masa dari internet sampai TV. Pada Juni 2009 telah tercatat sebanyak 175 buku yang berkaitan dengan kiamat 2012 di Website Amazon.com. Seiring rumor yang semakin menyebar, situs resmi NASA “Ask an Astrobiologist” telah menerima ratusan pertanyaan tantang kiamat Desember 2012, dengan lebih dari 200 pertanyaan yang telah tejawab. Banyak pertanyaan baru muncul yang sebenarnya sudah terjawab sebelumnya. Berikut ini adalah 20 pertanyaan yang paling sering ditanyakan.
Sebagai tambahan respons saya, berikut ini beberapa sumber yang cukup terpercaya
David Morrison,
NAI Senior Scientist
Juni 1, 2009
11. Kapan planet-planet membentuk garis lurus di tahun 2012 dan Bumi berada di tengah Bimasakti? Apakah ini menyebabkan pergantian kutub? Apa akibat yang diterima Bumi, dan jika begitu apa yang kita harapkan?
Tidak ada pembentukan garis lurus planet di tahun 2012, atau tahun berapa pun untuk beberapa dekade kedepan. Mengenai Bumi yang berada di tengah Bimasakti, aku tidak tahu apa maksud kalimat ini. Jika berarti di tengah inti galaksi Bimasakti, kita berada jauh di sisi galaksi spiral ini, sekitar 300000 tahun cahaya dari inti galaksi. Kita mengelilingi inti galaksi sekitar setiap 225-250 juta tahun, dan selalu dengan jarak yang sama. Mengenai pergantian kutub, aku juga tidak tahu maksudnya, jika berarti pergantian posisi kutub dengan tiba-tiba (maksudnya kutub utara bergerak kebawah secara vertical) itu mustahil. Sebenarnya apa yang banyak dibicarakan oleh website-website adalah pembentukan garis lurus antara Bumi, Matahari, dan inti galaksi pada konstelasi Sagitarius. Ini terjadi setiap bulan Desember, tanpa dampak buruk apapun, dan tidak ada alasan bahwa tahun 2012 akan berbeda dari tahun-tahun yang lain.
12. Kapan Matahari dan Bumi segaris dengan daerah pancaran galaksi bersamaan dengan Lubang Hitam yang berada di tengahnya, tidakkah ini menyebabkan sesuatu terjadi?, mengingat Lubang Hitam mempunyai garvitasi yang super kuat.
Ada Lubang Hitam di inti galaksi Bimasakti kita, dan seperti konsentrasi massa yang lain hal ini menekan kekuatan gravitasi di seluruh galaksi. Bagaimanapun, inti galaksi sangatlah jauh, sekitar 300000 tahun cahaya. Jadi tidak ada efek yang cukup berarti terhadap Tata Surya ataupun Bumi. Tidak ada kekuatan khusus dari daerah pancaran galaksi atau inti galaksi. Satu-satunya kekuatan yang mempengaruhi Bumi hanyalah kekuatan gravitasi Bulan dan Matahari. Sejauh pengaruh dari daerah pancaran galaksi, tidak ada yang khusus dari tempat ini. Terakhir kali kita berada di pancaran galaksi sekitar beberapa juta tahun yang lalu, dan pernyataan bahwa kita akan melintasinya dalam waktu dekat ini tidaklah benar.

13. Aku takut mengingat fakta bahwa Bumi akan memasuki “Dark Rift” di galaksi Bimasakti. Apa yang akan terjadi? Apakah Bumi akan ditelan?
Dark Rift” adalah nama populer dari debu awan yang lebar dan menyebar di “lengan dalam” spiral galaksi kita. Yang akan menghalangi pandangan kita ke inti galaksi. Ketakutan akan “pelurusan galaksi” itu cukup gila. Terakhir kali Bumi, Matahari ,dan inti galaksi membentuk garis lurus bulan Desember lalu, jadi apa? Ada “orang-orang” yang mencoba menakutimu menggunakan kalimat yang tidak berarti seperti “pelurusan”, “Dark Rift”, dan “Photon Belt” karena publik tidak tahu arti kata-kata tersebut. Sungguh sayang sekali tidak ada hukum yang mengatur tentang berbohong di internet atau dimanapun kecuali di pengadilan. Sejauh keselamatan Bumi diperhatikan, ancaman berbahaya yang tepat berada di depan wajah kita adalah “Global Warming” dan kehilangan kekayaan alam, dan mungkin suatu saat nanti adalah tabrakan dengan komet dan asteroid. Bukan dengan penyataan pseudoscientific tentang 2012.
14. Aku pernah mendengar bahwa medan magnet Bumi akan terbalik pada tahun 2012 tepat ketika puncak dari “Badai Matahari” diprediksikan. Akankah ini akan membinasakan kita atau menghancurkan peradaban kita?
Pada aktivitas tertinggi Matahari (terulang setiap 11 tahun), banyak sekali semburan energi Matahari yang dipancarkan kesegala arah termasuk Bumi dibanding aktivitas terendah Matahari. Pancaran energi dan massa Matahari tidaklah berbahaya bagi manusia ataupun kehidupan lain di Bumi. Tapi ini bisa berbahaya bagi astronot yang berada di luar angkasa atau di bulan, dan ini-lah yang masih NASA pelajari. Pancaran yang kuat dan besar dari Matahari bisa mengganggu transmisi radio, menyebabkan Aurora, dan merusak peralatan elektronik satelit di luar angkasa. Hari ini banyak satelit dirancang untuk menghadapi kemungkinan ini. Sebagai contoh mematikan sistem beberapa sirkuit yang vital dan berubah menjadi mode “aman” untuk beberapa jam ke depan. Pada kasus yang cukup ekstrim hal ini akan mengganggu transmisi listrik di Bumi, mungkin akan menyebabkan “Mati Lampu”, tapi ini jarang!
Aktvitas tertinggi terakhir tercatat pada tahun 2001, jadi yang berikutnya diprediksikan tahun 2012. Tetapi, akhir-akhir ini Matahari sedang dalam kondisi yang tidak biasanya, dalam beberapa tahun ini hampir tidak ditemukan tanda-tanda aktivitas akan meningkat. Jadi para ilmuan memperkirakan aktivitas tertinggi berikutnya akan telambat, mungkin 2013. Meskipun begitu, aktivitas Matahari sulit sekali diprediksikan.
Anda benar bahwa medan magnet Bumi melindungi kita dari pancaran berbahaya dari angkasa dengan membuat semacam “Shield”, disebut Magnetosfer. Dengan hampir semua pancaran dari angkasa atau Matahari diserap dan dipantulkan, tapi tidak ada alasan untuk mengira pembalikan medan magnet akan terjadi dalam waktu dekat ini. Pembalikan medan magnet ini hanya terjadi sekali dalam 400000 tahun rata-rata.
15. Aku bingung pada sebuah laporan di Website “Fox News” bahwa dalam 2012 sebuah “Badai Matahari yang kuat bisa melumpuhkan Amerika berbulan-bulan”. Mereka menyerahkan laporan dari National Academy of Sciences yang dibiayai oleh NASA. Jika tidak akan ada yang terjadi pada 2012, mengapa NASA mengizinkan laporan yang tidak berguna?
NASA didukung oleh National Research Council dilaporkan dalam heliophysics. Dalam laporannya, laporan ini termasuk analisis scenario terburuk pada apa yang terjadi hari ini jika badai Matahari terbesar sejak tahun 1859 terulang. Masalahnya ada banyak informasi yang dapat digunakan keluar dari jalur. Tidak ada alasan untuk mengharapkan badai Matahari besar di masa depan, yang pasti secara spesifik tidak terjadi di tahun 2012. Ilustrasi dalam referansi-mu terlalu berlebihan. Tidak ada prediksi apapun pada tahun 2012, bahkan kami tidak bisa memastikan kalau badai Matahari tertinggi terjadi pada tahun itu. Semua bencana pada 2012 adalah Hoax, dipenuhi oleh unsur-unsur dari Hollywood. Aku hanya bisa berharap bahwa orang-orang bisa membedakan antara plot film Hollywood dengan realitas.
16. Semua temanku mengatakan bahwa kita akan mati di tahun 2012 karena tabrakan dengan meteor, apa itu benar?
Temanmu salah, bukan hanya pada tahun 2012, tapi Bumi selalu menjadi sasaran empuk bagi meteor dan komet, meskipun tabrakan besar jarang terjadi. Terakhir kali tabrakan besar terjadi sekitar 65 juta tahun yang lalu, dan menyebabkan kepunahan Dinosaurus. Hari ini astronom NASA sudah memiliki sebuah pemantau bernamaSpaceguard Survey untuk menemukan asteroid besar di dekat Bumi sebelum mereka jatuh ke Bumi. Kami telah memastikan bahwa tidak ada ancaman dari asteroid sebesar yang membinasakan Dinosaurus. Semua hasil kerja dan penemuan NASA telah diposting setiap hari di Website NASA NEO Program (neo.jpl.nasa.gov), Anda bisa memastikaannya bahwa tidak ada ancaman dari asteroid di 2012.
17. Jika Nibiru adalah Hoax, kenapa NASA tidak menyangkalnya? Bagaimana bisa Anda membiarkan cerita ini menakuti publik? Kenapa pemerintah tidak melakukan apapun.
Jika Anda pergi ke NASA Hompage (nasa.gov), Anda akan menemukan banyak cerita yang mengekspose 2012-Nibiru, coba masukan kata kunci “Nibiru” atau “2012” di box search. Tidak ada yang bisa NASA lakukan lebih dari itu. Hoax ini tidak ada hubunganya dengan NASA dan tidak berdasarkan data dari NASA, jadi kami sebagai agency tidak secara langsung terlibat. Tapi para ilmuan, NASA ataupun dari luar menyadari bahwa Hoax ini hanyalah alat untuk mengalihkan perhatian publik dari kiamat yang sesungguhnya yaitu Global Warming dan eksploitasi alam. Kita hidup di sebuah Negara yang bebas untuk berbicara, dan itu termasuk bebas untuk berbohong, jika Anda menggunakan akal sehatmu aku yakin Anda akan menyadari bahwa ini hanyalah kebohongan. Seiring semakin dekatnya 2012 kebohongan akan terlihat semakin jelas.
18. Bisakah Anda membuktikan bahwa Nibiru tidak ada? Banyak sekali laporan yang mengatakan sesuatu yang buruk akan terjadi pada tahun 2012, aku butuh bukti karena NASA dan pemerintah merahasiakan banyak sekali dari kami.
Sangatlah tidak logis menanyakan bukti 2012 adalah Hoax. Seharusnya petanyaanmu itu ditujukan kepada orang-orang yang mengatakan ada kiamat di tahun 2012, bukan kepada NASA. Jika ada orang yang mengatakan bahwa ada gajah ungu setinggi 20 meter berjalan di Madison Square, apakah NASA harus membuktikan kalau itu salah? Beban bukti harusnya ada pada orang yang mengklaim pernyataan tersebut. Ingat apa yang Carl Sagan katakan “pernyataan yang luar biasa bergantung pada bukti yang luar biasa, jika mereka ingin percaya.”
Lepas dari itu semua, aku pikir para astronom telah mencapai titik dimana kami bisa memberikan argumen yang kuat untuk membuktikan Nibiru tidak ada. Sebuah planet besar (atau Dwarf coklat) di dalam Tata Surya lingkar luar akan sudah dideteksi oleh para astronom bertahun-tahun, dengan cara tidak langsung yaitu dengan mendeteksi perubahan gravitasi objek disekitarnya ataupun dengan cara deteksi inframerah langsung. IRAS telah mengorbit pada tahun 1983, dan juga survey subsequent lain akan mendeteksi Nibiru jika dia memang ada. Terlebih lagi, jika ada sebuah objek bermasa besar melintasi Tata Surya lingkar dalam setiap 3600 tahun, kita akan melihat efek gangguannya pada planet lingkar dalam, kenyataannya kita tidak melihatnya.
Anda tidak harus mengikuti apa yang saya katakan, gunakan saja akal sehatmu. Pernahkah Anda melihat Nibiru? Pada 2008 banyak website yang mengatakan Nibiru akan terlihat dengan mata telanjang pada musim panas 2009. Jika ada planet besar atau Dwarf coklat yang menuju Tata Surya lingkar dalam pada 2012, pasti akan sudah terdeteksi oleh ratusan ribu astronom, amatir maupun profesional. Apa Anda tahu berapa astronom amatir yang melihatnya? Pernahkah Anda melihat foto dan diskusi di majalah astronomi besar seperti Sky & Telescope? Pikirkanlah. Anda tidak akan pernah bisa menyembunyikan planet jika memang ada.
19. Bagaimana dengan film menakutkan “2012”? mereka membuat kita melihat website-website untuk memastikan kiamat 2012.
Pernyataan pseudoscientific tentang Nibiru dan kiamat 2012, bersamaan dengan ketidakpercayaan tehadap pemerintah, telah dijadikan bahan promosi untuk film baru keluaran Columbia Pictures berjudul “2012” yang akan diluncurkan pada November 2009. Trailer filmnya, di dalam teater dan website mereka, menunjukan gelombang yang menyapu pegunungan Himalaya, dan hanya diikuti oleh kalimat “How would the governments of our planet prepare 6 billion people for the end of the world? [long pause] They wouldn’t. [long pause] Find out the Truth. Google search 2012”.
Promosi film ini juga termasuk sebuah website ilmiah(www.instituteforhumancontinuity.org/) untuk “The Institute for Human Continuity (IHC)” yang keseleruhan isinya adalah fiksi. Menurut website itu, IHC didedikasikan kepada penelitian ilmiah dan kesiapan publik, misinya untuk mmpertahankan ras manusia. Website itu menjelaskan IHC didirikan pada tahun 1978 oleh para pemimpin pemerintah internasional, pelaku bisinis, dan ilmuan. Pada tahun 2004, mereka mengatakan 94% ilmuan IHC memastikan dunia akan hancur pada 2012. Website ini membuat pengunjung mendaftar dalam sebuah lotre “siapa yang akan diselamatkan”; seorang kolega mendaftarkan nama kucingnya. Aku belajar dari Wikipedia bahwa mambuat website palsu merupakan teknik periklanan baru yang disebut “Viral Marketing” yang bisa dianalogikan dengan Virus Computer.
20. Mungkin saja banyaknya pertanyaan yang Anda jawab merupakan kerjasama dengan buku dan film, dengan harapan bahwa jumlah orang yang menyangkal dapat mendapat bukti bahwa ini semua juga konspirasi?
Aku juga menanyakan hal itu pada diriku setiap hari, seiring meningkatnya jumlah surat yang aku terima tentang Nibiru –sekarang lebih dari 20 per minggu. Sudah jelas bahwa uang mudah didapat dari ketakutan orang akan kiamat, sebagai contoh film 2012, banyak website yang menjual buku tentang Nibiru atau bahkan “peralatan bertahan hidup”. Sungguh sangat menyedihkan, bahwa dengan begitu banyak rumor nyata (seperti Global Warming), publik malah termakan oleh kebohongan. Pada akhir dari chapter sebuah buku astronomy (The Hunt for Planet X) oleh Govert Shilling, ia menulis:“There is plenty to do for the debunkers – the archaeologists and astronomers who take a long and skeptical look at the tidal wave of Nibiru nonsense and explain with scientific precision what is wrong with this cosmic fairy-tale. They will have their work cut out in the next few years. And on December 22, 2012 there will be a new pseudoscientific cock-and-bull story doing the rounds and the whole circus will start all over again. Because no matter how many new celestial bodies are found in our solar system, there will always be a need for a mysterious Planet X.”
Yang kira-kira artinya begini: “Ada banyak yang harus dibenahi dari kesalahan – arkeolog dan astronom yang telah meneliti ketidak masuk akal-lan Nibiru dan mereka menjelaskan dengan kepastian ilmiah apa yang salah dengan dongeng kosmik. Mereka akan mendapatkan hasil penelitian mereka diabaikan untuk beberapa tahun kedepan. Dan ketika tanggal 22 Desember 2012 akan ada rumor ilmiah yang lain dan semua lelucon ini akan dimulai lagi. Karena seberapa banyak pun benda angkasa ditemukan, akan selalu ada kebutuhan akan planet X yang misterius”
Oleh :David Morrison, NAI Senior Scientist (NASA)
Diterjemahkan oleh : Ferdy Sandika Tri Setiya

Fuad Amaterasu

Seorang opportunis namun realistis. Seorang dreamer tapi bukan heartbreaker (lagi). Seorang gamer yang kadang masih suka keder megang stik kontroller.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar