Mengenal Tugas Perkembangan

Robert J. Havighurst, seorang pakar perkembangan dan pendidikan Amerika, mengatakan bahwa perjalanan kehidupan memang merupakan rangkaian usaha manusia untuk melalui satu tahap perkembangan menuju tahap perkembangan selanjutnya dengan baik. Caranya adalah dengan menyelesaikan “tugas” yang ada di setiap tahapan perkembangan. dengan kata lain, untuk dapat melanjutkan perjalanan hidupnya dengan baik, seorang individu harus menyelesaikan tugas perkembangan yang ada di tahap perkembangannya sekarang. Kurang lebih seperti bersekolah, untuk berhasil di kelas II SD kita harus menguasai dulu pelajaran-pelajaran kelas I SD, dan seterusnya.
Apa sih tugas perkembangan ? Tugas perkembangan adalah tugas-tugas yang muncul pada periode tertentu dalam hidup. Jika kita berhasil menyelesaikannya maka akan membawa kebahagiaan dan membantu penyelesaian tugas perkembangan selanjutnya. sedangkan jika gagal diselesaikan akan mengakibatkan ketidakbahagiaan, penolakan dari lingkungan, dan kesulitan dalam menghadapi tugas perkembangan selanjutnya. wah, kok sepertinya beray sekali hidup kita ini ya ?
Tenang saja, kadang-kadang tugas perkembangan terpenuhi secara alamiah tanpa kita perlu memikirkannya secara sadar. Coba ingat-ingat, apakah dulu ketika balita secara sadar Anda menyadari bahwa Anda punya tugas perkembangan harus bisa merangkak dan berjalan ? Atau ketika remaja, apakah Anda merencanakan kapan akan mulai tertarik pada lawan jenis ? Ada hal-hal yang berjalannya alamiah saj. Di sekitar kita juga ada pihak-pihak yang kerap membantu kita menyesuaikan diri. Waktu kecil, orangtua membantu kita belajar berjalan. Di usia remaja, teman dekat memberi tips

bagaimana mendekati pujaan hati. Kadang-kadang banyak tugas perkembangan yang tahu-tahu sudah bisa selesaikan dengan mudah tanpa usaha yang berlebihan. Tapi, memang ada hal-hal yang perlu usaha aktif, sehingga ada baiknya kita mengenal apa saja tugas-tugas dari tiap tahap perkembangan. Denmgan mengetahuinya, kita bisa mengarahkan usaha untuk menyelesaikan tugas tersebut dengan baik. Atau, sebagai oarng tua misalnya, kita bisa membimbing puta-putri kita melewati tiap tahapan perkembangan dengan baik.
Singkatnya, tugas perkembangan terdiri dari tiga jenis tugas. Pertama adalah tugas yang berasal dari pertumbuhan fisik. Misalnya, kesiapan fisik balita membuatnya mulai belajar berjalan dan bicara. Keterampilan itu akan diperlukan untuk tahap perkembangan berikutnya, misalnya untuk bermain bersam teman-temannya. Di usia remaja, pertumbuhan fisik hormonal memunculkan rasa ketertarikan pada lawan jenis. Di sisni ada tugas perkembangan untuk belajar menjaga sikap pada lawan jenis. Kedua, ada tugas-tugas yang berasal dari kematangan kepribadian. Yang ini terkait dengan pertumbuhan sistem nilai dan aspirasi. Misalnya, di usioa SD mulai muncul kesadaran akan perbedaan kelompok sosial dan ras, maka usia di usia ini ada tugas perkembangan untuk menyikapi dengan tepat perbedaan tersebut. Ketika beranjak remaja muncul harapan tentang karier, sehingga di sini muncul tugas untuk memulai mempelajari pengetahuan dan keterampilan sebagai persiapan kerja.

Fuad hahihu

Seorang opportunis namun realistis. Seorang dreamer tapi bukan heartbreaker (lagi). Seorang gamer yang kadang masih suka keder megang stik kontroller.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar