Vampir Berburu Vampir



Hellsing
Mangaka: Hirano Kouta
Terbit: 1997
Penerbit: Young King Ours (Shounen Gahousha)
Jumlah tankoubon: 9 (ongoing)

Demi Harga Diri, Bukan demi Manusia
Selama ratusan tahun vampir hidup dalam kegelapan, jauh dari hiruk pikuk dunia manusia. Namun belakangan, mereka mulai bosan dan ingin tampil. Kabar penyerangan kota demi kota oleh vampir mulai berembus.

Fenomena itu menggerakkan Royal Order of Protestant Knights atau biasa disebut Hellsing Organization. Di bawah komando Sir Integral Wingates Hellsing, organisasi itu menangani kasus-kasus supranatural yang mengancam kelangsungan negara.

Hellsing menurunkan senjata andalannya dalam menghadapi para freaks dan ghoul. Yaitu, vampir berusia ratusan tahun dari klan tertinggi, Alucard. Setelah secara tak sengaja dibangkitkan Integra, nama panggilan Integral, Alucard memburu para juniornya. Bukan demi alasan klasik, keselamatan umat manusia. Tapi demi harga dirinya sebagai nosferatu yang terganggu oleh ulah vampir muda yang dianggapnya merusak citra vampir.

Lawan yang harus dihadapi Hellsing tak terbatas pada vampir, tapi juga manusia. Vatikan yang tak menyetujui keberadaan Alucard berusaha menjegal Hellsing. Padahal mereka memiliki tujuan yang sama, membasmi kekuatan jahat.

Perseteruan manusia dan vampir ini mewarnai kisah Hellsing. Mungkin judul ini sudah akrab dengan telinga kalian. Ya, sebab titel serial tersebut diambil dari nama Abraham Van Hellsing, tokoh dalam novel Dracula karya Bram Stoker.

Hellsing menawarkan kisah yang cukup kompleks dan dark. Atmosfer yang diciptakan Hirano Kouta sang mangaka pun sangat mendukung. Kostum para tokohnya didominasi warna gelap. Khusus untuk Alucard, Hirano mendesain sebuah long coat warna merah darah yang senada dengan topinya plus kacamata hitam sebagai pelengkap.

Hirano menggunakan background warna gelap dalam panel-panel manga untuk menekankan kesuraman cerita. Artwork-nya cukup detail dan ada penekanan di bagian wajah.

Adegan action Hellsing cukup intens, meski bukan sajian utama. Hirano lebih menyorot intrik dalam tubuh tiap organisasi yang memiliki kepentingan masing-masing. Tanpa melupakan misteri terbesar dalam serial tersebut, identitas asli Alucard dan alasannya sudi mengabdi pada Hellsing.

Diciptakan sebagai serial bertokoh utama vampir, Hellsing menampilkan cipratan darah di mana-mana. Tubuh berlubang tertembus peluru maupun senjata lainnya hingga anggota tubuh terlepas merupakan adegan tak terhindarkan. Jadi, kalau kalian nggak betah lihat darah, jangan coba-coba menyentuh Hellsing.

Chapter perdana Hellsing, Vampire Hunter, diterbitkan Young King Ours 11 tahun lalu. Hingga tulisan ini diturunkan, Hellsing telah mencapai chapter 91. Untuk mengetahui kelanjutan cerita Hellsing, pembaca dipaksa bersabar. Shounen Gahousha merilis versi tankoubon-nya hanya setahun sekali. Volume 9 beredar 9 November 2007 dan masih berlanjut.

Interval penerbitan yang begitu lama disebabkan oleh minimnya jumlah halaman dalam tiap chapter pasca volume 6. Normalnya, satu volume tankoubon berisi 6-7 chapter dengan isi kurang lebih 30 halaman. Sedangkan Hellsing bisa mencapai 10 chapter. Beberapa chapter bahkan hanya terdiri dari belasan halaman.

Beragam spekulasi muncul seputar penurunan produktivitas ini. Ada yang menyebut kemalasan Hirano sebagai penyebab. Terlebih sang mangaka memang mengakui sifat pemalasnya dalam omake Hellsing. Sebagian lagi beranggapan pengurangan jumlah halaman adalah upaya Hirano untuk memberikan kualitas artwork terbaik. Yah, hanya Tuhan dan Hirano yang tahu alasan sebenarnya. (ran)



Terminologi Hellsing Vampir/Nosferatu
Makhluk pengisap darah generasi awal. Mereka tak takut salib atau bawang putih, tak mati meski dipenggal kepalanya atau ditusuk jantungnya. Nosferatu bisa berubah menjadi kabut, kelelawar, atau wujud lain yang dikehendakinya.

Freaks
Vampir generasi baru. Alucard menyebutnya vampir kelas rendah. Sebab, freaks tak bisa menyembuhkan diri sendiri dan tak bisa berubah wujud.

Ghoul
Undead yang lahir akibat gigitan vampir. Berbeda dengan freaks, ghoul tak lagi memiliki jiwa. Orang yang menjadi ghoul adalah orang yang sudah tak perawan atau perjaka.

Royal Order of Protestant Knights
Nama resmi Hellsing Organization. Selama ratusan tahun, organisasi ini menjadi bagian dari pemerintahan Inggris. Dengan persenjataan canggihnya, Hellsing membasmi kekuatan jahat yang mengancam kelangsungan negara. Pihak kepolisian pun segan pada mereka.

Iscariot
Divisi 13 yang merupakan kekuatan tempur rahasia Vatikan. Salah satu anggotanya adalah Alexander Anderson, pendeta yang tubuhnya direkayasa dengan bioteknologi hingga mampu beregenerasi. (ran/bs)



Chara

Alucard
Seiyuu: Nakata Jouji
Senjata andalan Hellsing Organization dalam melawan vampir, ghoul, dan freaks. Alucard telah mengabdi pada keluarga Hellsing selama ratusan tahun. Dia merupakan vampir tingkat tinggi yang memiliki beberapa perubahan wujud.

Seras Victoria
Seiyuu: Orikasa Fumiko
Polisi yang diubah Alucard menjadi vampir. Sejak saat itu, Seras mengabdi pada Alucard. Setelah menjadi vampir, Hellsing merekrut cewek yang dipanggil "fukei" oleh Alucard ini. Dia kerap mendampingi majikannya di garis depan.

Sir Integral Wingates Hellsing (Integra)
Seiyuu: Sakakibara Yoshiko
Mewarisi Hellsing Organization di usia 12 tahun setelah kematian ayahnya. Alucard maupun musuh keluarga Hellsing segan padanya karena integritas dan kepribadiannya yang dominan.

Walter C. Ddollneazz
Seiyuu: Kiyokawa Motomu
Di usianya yang ke-69, Walter masih melayani keluarga Hellsing. Semasa muda, dia adalah anggota Hellsing Organization yang dijuluki Angel of Death. Meski digerogoti usia, kemampuan tempur Walter masih diandalkan Integra.


Did You Know?

1. Hellsing diambil dari nama Abraham Van Hellsing, tokoh dalam karya Bram Stoker, Dracula.
2. Bila nama Alucard dibaca dari belakang, akan muncul nama Dracula, vampir terkenal dari karya Bram Stoker.
3. Integra sempat menyingkap masa lalu Alucard dengan mengatakan, "Pria yang dulu memiliki gelar ’count’".
4. Karakter Alexander Anderson dibuat berdasarkan figur aktor Edward Van Sloan yang memerankan Profesor Abraham Van Hellsing dalam film Dracula (1931).
5. Dalam episode 11, seorang prajurit SAS mengatakan bahwa Kastil Bokken mengingatkannya pada cerita hantu tentang kastil di Transylvania yang dihuni setan pada era Perang Dunia II. Cerita ini mengacu pada novel F. Paul Wilson, The Keep. Nama Paul Wilson juga muncul dalam episode ini sebagai salah satu karakter.
6. Jan Valentine membunuh lawannya sambil berkata, "Atas, atas, bawah, bawah, kiri, kanan, kiri, kanan" dan "Aku curang dan aku nggak terkalahkan". Ini merupakan kode dari Konami untuk melakukan cheat.
7. Nama chapter Hellsing merupakan judul dari game terkenal. Seperti Final Fantasy, Castlevania, dan Warcraft. (fuad)

Fuad Amaterasu

Seorang opportunis namun realistis. Seorang dreamer tapi bukan heartbreaker (lagi). Seorang gamer yang kadang masih suka keder megang stik kontroller.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar